Arief Muhammad, bisnis dan inovasi.
Arief Muhammad dan perjalanan menuju kesuksesan.
Arief Muhammad, S.H. (lahir 26 Oktober 1990) adalah seorang selebritas internet atau kerap disebut dengan Selebgram berkebangsaan Indonesia keturunan Minangkabau. Ia dikenal karena menulis buku yang berjudul Poconggg Juga Pocong. Arief yang berasal dari suku Minangkabau ini memulai pendidikannya di TK Tarbiyatul Hidayah, Batam. Setelah itu, ia melanjutkan ke SDN 004 dan juga SMP Negeri 6 Batam. Setelah lulus SMP, ia melanjutkan pendidikan di SMA Kartini, Batam. Ia tercatat alumni Fakultas Hukum Universitas Trisakti.
Pada tanggal 16 September 2016, Arief menikah dengan Tiara Pangestika, yang biasa dikenal dengan Tipang Pada tanggal 5 Juni 2020, Arief Muhammad dikaruniai anak yang diberi nama Ibrahim Wishaka El Emran dan pada tanggal 11 November 2021, ia telah dikaruniai anak ke 2 yang diberi nama Mecca Ayu Amanjiva.
Perjalanan Karir Arief Muhammad Awalnya, Arief Muhammad membuat sebuah akun Twitter dengan nama Poconggg pada tahun 2009. Pada tahun 2010, ia mulai menulis sebuah buku berjudul Poconggg Juga Pocong yang akhirnya terbit pada bulan Juni 2011. Buku tersebut akhirnya diangkat ke layar lebar oleh salah satu rumah produksi ternama di Indonesia, yakni Maxima Pictures. Awalnya tidak ada satupun orang yang mengetahui identitas dibalik akun Poconggg. Pada September 2011, identitas Poconggg yang notabenenya adalah Arief Muhammad dibongkar oleh orang yang tidak diketahui identitasnya. Poconggg dianggap sebagai salah satu akun Twitter yang paling fenomenal di Indonesia. Tak jarang kicauannya menjadi trending topik global.
Setelah identitasnya terbongkar, Arief Muhammad menjadi sangat dikenal. Pada bulan Desember 2011, Arief Muhammad bersama Raditya Dika membuat sebuah situs anak muda yang bernama www.nyunyu.com. Situs ini resmi dikeluarkan pada tanggal 3 Februari 2012. Tidak hanya itu, Arief Muhammad juga kerap mengisi seminar di berbagai universitas atau acara berbagai daerah, Arief Muhammad juga aktif dalam video keseharian atau disebut juga dengan vlog di kanal YouTube miliknya. Dalam video tersebut, banyak orang yang sangat menyukai video-video milik Arief Muhammad, Arief Muhammad juga aktif dalam Instagram, ia juga sering berinteraksi dengan followers Instagram miliknya.
Karena interaksi yang terus terjadi antara Arief Muhammad dan followers. ia juga yang memulai trend "ikoy-ikoyan" yaitu memberi hadiah kepada followers melalui direct message (DM) Instagram. Arief Muhammad juga memulai karir dengan berbagai bidang mulai dari Makanan, hingga fashion. Bisnis Arief Muhammad selalu dilirik oleh beberapa orang karena keunikan hingga cara marketing yang digunakan Arief Muhammad selalu berbeda dengan lainya.
Pelajaran Yang Di Ambil Dari Perjalanan Karir Arief Muhammad membangun bisnis.
Arief Muhammad memiliki bisnis seperti Oppai Yakitori menjual aneka sate dan makanan jepang. Cakekinian, yang menjual aneka macam cake; Billionaier's Project, menjual produk fashion seperti kaos, celana, hoodie, dan topi; Baso Aci Akang; Hello Nuku; Cuan-cuan; dan yang terkini Rumah Makan Padang Payakumbuah. Namun Arief Muhammad juga mengungkapkan bahwa tidak semua bisnis yang ia lakukan selalu berhasil dan lancar semua, ada beberapa bisnis yang tutup karena management yang kurang.
Banyak orang yang mungkin mempertanyakan, Bagaimana Arief Muhammad Bisa Bangkit Terhadap Bisnis yang Bangkrut dan Terus Berbisnis Lagi??
1. Belajar dari Kegagalan: Salah satu kunci kesuksesan Arief Muhammad adalah kemampuannya untuk belajar dari setiap kegagalan dan kesalahan yang dia alami. Dia tidak pernah menyerah ketika usahanya gagal, tetapi justru mengambil hikmah dan pelajaran berharga dari setiap pengalaman tersebut. Itu lah yang harus dimiliki oleh semua orang, belajar dari kegagalan dan mengambil pelajaran dari kegagalan kemarin.
2. Ketekunan dan Kegigihan: Meskipun mengalami kegagalan, Arief Muhammad tetap gigih dan tekun dalam mengejar impian dan cita-citanya. Dia tidak pernah berhenti berusaha dan terus berusaha mencari peluang baru untuk mengembangkan bisnisnya.
3. Inovasi dan Adaptasi: Arief Muhammad selalu berusaha untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan tren dan kebutuhan pasar. Dia tidak pernah puas dengan pencapaian yang telah diraihnya, tetapi terus berusaha untuk menjadi lebih baik.
Dari perjalanan hidup dan karir Arief Muhammad, kita dapat melihat jika tidak ada yang tidak mungkin dalam setiap proses kehidupan. Arief Muhammad juga pernah bercerita jika ia sempat susah dalam bisnis dan hampir berjualan pulsa, hal itu menjelaskan jika semua proses bermulai dari bawah atau dari 0. Arief Muhammad juga sempat mengalami kegagalan di beberapa bisnisnya, dengan belajar dari kegagalan, terus berinovasi, dan memiliki semangat yang kuat, siapapun dapat meraih kesuksesan dalam dunia bisnis, seperti yang telah ditunjukkan oleh Arief Muhammad. Kita dapat melihat jika kegagalan bukan hal buruk yang terus kita tangisi, justru kita harus belajar dari kegagalan tersebut dan bangkit untuk melakukan inovasi bisnis kita.
Arief Muhammad menjadi inspirasi melalui branding yang ia lakukan di sosial media dalam melakukan bisnis, melalui teknik marketing yang ia lakukan selalu membuat kita sebagai warga internet terkesima dengan teknik marketing yang ia lakukan. Hal ini dapat kita pelajari dan kita contoh dalam dunia bisnis untuk menarik perhatian konsumen ataupun menarik perhatian warga internet melalui teknik marketing atau iklan yang menarik. Arief Muhammad sempat ramai saat membuat heboh warganet dengan tren makan nasi padang menggunakan tangan, yang membawanya meraih piagam penghargaan dan diangkat sebagai “Duta Nasi Padang” oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy. Hal itu dapat membuktikan teknik marketing atau ide cemerlang Arief Muhammad tidak dapat ditebak dan mendapatkan perhatian publik khususnya dalam dunia media sosial.
Melalui perjalanan Arief Muhammad, tidak ada yang tahu bagaimana kehidupan kita kedepannya jika kita tidak mengambil kesempatan tersebut, kita harus berani dalam mengambil kesempatan dan resiko untuk kedepannya. Dan kita harus berani dalam menerima kegagalan serta bangkit dari kegagalan tersebut. Arief Muhammad juga menjadi role model oleh banyak orang termasuk para gen z dalam dunia bisnis dan marketing. Inovasi dan adaptasi yang ia lakukan sangat menarik dan membuat banyak orang ingin melakukannya. Karena itu Arief Muhammad menjadi banyak inspirasi sukses di dunia bisnis untuk banyak kalangan termasuk gen z.
Kesimpulan perjalanan karir Arief Muhammad membangun bisnis hingga sukses.
Arief Muhammad, berawal dari akun anonymous Twitter yang kerap disebut @poconggg hingga menjadi youtuber dan sekarang pebisnis sukses, Arief Muhammad sukses dalam menjalankan bisnis yang ia tekuni. Perjalanan yang tidak mudah, tanpa orang tahu Arief Muhammad juga berproses dari awal dan melalui banyak tantangan dan rintangan hingga sekarang bisnis yang ia punya banyak disukai oleh banyak orang salah satunya Rumah Makan Padang Payakumbuah yang mempunyai cabang di berbagai kota. Hal ini sangat membuktikan bahwa bisnis butuh keberanian dan tekat yang tinggi, kegagalan bukan menjadi mimpi buruk yang harus kita ingat setiap saat, kegagalan harus menjadi pelajaran untuk membuat kita bangkit kedepannya. Dari Arief Muhammad kita belajar banyak dari perjalanan hidup, karir dalam dunia perkontenan, hingga karir nya menjadi pebisnis sukses. Tidak ada yang mudah, tidak ada yang tanpa proses, kita semua bisa berhasil dalam bisnis jika kita berani dalam membuat keputusan dan mengambil resiko.

Komentar
Posting Komentar